SARJANA TERAPAN MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL

Visi

Program studi yang unggul dan terkemuka di Sumatera tahun 2024 dalam menghasilkan Sarjana Terapan yang siap menjadi enterpreneur yang berwawasan global, inovatif, beretika dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep manajemen pemasaran dalam dunia bisnis.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang enterpreneurship berbasis Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran untuk membangun jiwa entrepreneur yang tangguh dan berwawasan global; 
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang enterpreneurship berbasis Sarjana Terapan Manajemen Pemasaran yang dapat mengembangkan jiwa entrepreneur;
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan semangat jiwa  entrepreneur

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan yang memiliki kompetensi dan integritas tinggi sebagai enterpreneur yang tangguh dan berwawasan global; 
  2. Menghasilkan Sarjana Terapan yang berpikir kritis dan ilmiah dalam memecahkan masalah; 
  3. Menghasilkan Sarjana Terapan yang jujur, berintegritas, berkarakter, sanggup bekerja sama, berkemampuan (profesional) dan inovatif sehingga berdaya guna di masyarakat.

PROFIL

Yang dimaksudkan dengan profil lulusan adalah peran yang diharapkan dapat dilakukan oleh lulusan program studi di masyarakat maupun di dunia kerja. Profil lulusan merupakan outcome dari proses pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diharapkan. Dengan menetapkan profil lulusan, program studi dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswa akan bisa berperan menjadi apa setelah ia menjalani semua proses pembelajaran di Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Wilmar Business Indonesia. Adapun profil lulusan Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Wilmar Business Indonesia adalah untuk menghasilkan Sarjana Terapan yang mampu menjadi:

  1. Entrepreneur;
  2. Konsultan Marketing;
  3. Manajer Marketing;
  4. Staff Marketing. 

Untuk dapat mencapai profil lulusan seperti yang diuraikan di atas, maka Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Wilmar Business Indonesia menetapkan capaian pembelajaran (Learning Outcomes) berdasarkan jenjang Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia level 6 sesuai Perpres Nomor 8 Tahun 2012. 

CAPAIAN PEMBELAJARAN (LEARNING OUTCOMES)

Capaian pembelajaran lulusan mengacu kepada Deskriptor KKNI (Kualifikasi Kompetensi Nasional Indonesia). Sesuai dengan Permendikbud No. 73 tahun 2013, capaian pembelajaran tingkat sarjana setara dengan level 6. Pada level 6, deskripsi umum capaian pembelajaran dirumuskan sebagai berikut:

1. Capaian Pembelajaran Umum

Sesuai dengan ideologi negara dan budaya bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi pada KKNI mencakup proses yang membangun karakter dan kepribadian manusia Indonesia sebagai berikut : 

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia;
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain;
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

2. Capaian Pembelajaran Kualifikasi Level 6 (D4 dan Sarjana)

Pada level 6, diharapkan lulusan memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi; 
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah procedural;
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok; 
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. 

PROSES PEMBELAJARAN

1. Karakteristik Proses Pembelajaran

Karakteristik proses pembelajaran terdiri atas sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa. 

  1. Interaktif bertujuan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen;
  2. Holistik merupakan proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional;
  3. Integratif merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program melalui pendekatan antar disiplin dan multidisiplin;
  4. Saintifik merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan;
  5. Kontekstual merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya;
  6. Tematik merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin;
  7. Efektif merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih secara berhasil guna dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum;
  8. Kolaboratif merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
  9. Berpusat pada mahasiswa merupakan capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan. 

2. Perencanaan Proses Pembelajaran

  1. Rencana pembelajaran semester (RPS) ditetapkan dan dikembangkan oleh dosen secara mandiri atau bersama dalam kelompok keahlian suatu bidang ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam program studi;
  2. Rencana pembelajaran semester (RPS) paling sedikit memuat nama program studi, nama dan kode mata kuliah, semester, SKS, nama dosen pengampu, capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah, kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian yang terkait dengan kemampuan yang akan dicapai, metode pembelajaran, waktu yang disediakan untuk mencapai kemampuan pada tiap tahap pembelajaran, pengalaman belajar mahasiswa yang diwujudkan dalam deskripsi tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa selama satu semester, kriteria, indikator, dan bobot penilaian, dan daftar referensi yang digunakan; 
  3. Rencana pembelajaran semester (RPS) akan ditinjau dan disesuaikan secara berkala dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Pelaksanaan Proses Pembelajaran

  1. Pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu;
  2. Proses pembelajaran di setiap mata kuliah dilaksanakan sesuai Rencana pembelajaran semester (RPS);
  3. Proses pembelajaran yang terkait dengan penelitian mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Penelitian;
  4. Proses pembelajaran yang terkait dengan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa wajib mengacu pada Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat;
  5. Proses pembelajaran melalui kegiatan kurikuler wajib dilakukan secara sistematis dan terstruktur melalui berbagai mata kuliah dan dengan beban belajar yang terukur;
  6. Metode pembelajaran dapat dipilih untuk pelaksanaan pembelajaran mata kuliah antara lain: diskusi kelompok, simulasi, studi kasus, pembelajaran kolaboratif, pembelajaran kooperatif, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, atau metode pembelajaran lain, yang dapat secara efektif memfasilitasi pemenuhan capaian pembelajaran lulusan; 
  7. Bentuk pembelajaran dapat berupa responsi dan tutorial, seminar, praktikum, praktik studio, praktik bengkel, atau praktik lapangan;
  8. Entrepreneur Inspiring, yaitu menghadirkan para entrepreneur untuk berbagi pengalaman dalam memulai dan menjalankan bisnis; 
  9. Entrepreneur Practice, yaitu memberikan mentoring untuk project-project yang dirancang dalam matakuliah entrepreneurship mulai dari semester 1 s/d semester 7; 
  10. Seminar, yaitu menghadirkan para profesional terkemuka di bidang marketing untuk menambah wawasan mahasiswa di bidang marketing management.

4. Beban Belajar Mahasiswa 

  1. Beban belajar mahasiswa dinyatakan dalam besaran satuan kredit semester (SKS);
  2. Jumlah SKS yang ditetapkan untuk Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Wilmar Business Indonesia sebesar 144 SKS;
  3. Pelaksanaan jam perkuliahan dilaksanakan sesuai dengan Permendikbud No. 49 tahun 2014, dimana setiap beban 1 SKS kuliah, responsi atau tutorial terdiri dari: 50 menit kuliah tatap muka, 50 menit kegiatan penugasan terstruktur, 60 menit kegiatan belajar mandiri, dan kegiatan praktikum serta praktik lapangan, 1 SKS terdiri dari 160 menit;
  4. Perkuliahan selama satu semester diselenggarakan selama 16 minggu, termasuk didalamnya Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).

5. Kehadiran Mahasiswa

  1. Mahasiswa wajib mengikuti seluruh perkuliahan selama 1 semester minimal 75 persen dari jumlah kegiatan akademik terjadwal; 
  2. Mahasiswa yang tidak memenuhi kehadiran 75 persen dari jumlah kegiatan akademik terjadwal, dinyatakan tidak berhak mengikuti UAS.

BAHAN KAJIAN

Kurikulum Program studi D4 Manajemen Pemasaran dirancang untuk mewujudkan capaian pembelajaran sesuai profil lulusan yang telah dirumuskan. Untuk memenuhi hal tersebut maka beberapa bahan kajian yang dibutuhkan sebagai berikut:

1. Bahan Kajian Ilmu Dasar dan Pengembangan Kepribadian

Bahan kajian ilmu dasar dan pengembangan kepribadian terdiri dari:

No  Matakuliah SKS Jam Per minggu
Teori Praktik / Praktikum Total Teori Praktik / Praktikum Total
1 Pendidikan Agama 3 0 3 3 0 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 0 3 3 0 3
3 Bahasa Indonesia 1 1 2 1 2 3
4 Bahasa Inggris 2 1 3 2 2 4
5 Matematika Ekonomi dan Bisnis 2 1 3 2 2 4
6 StatistikaEkonomi dan Bisnis 2 1 3 2 2 4
7 Metode Penelitian 2 1 3 2 2 4
8 Hukum Bisnis 1 1 2 1 2 3
9 Perpajakan 2 1 3 2 2 4
10 Dasar-Dasar Akuntansi 2 2 4 2 4 6
11 Aplikasi Komputer MS-Office 0 2 2 0 4 4
  Total 20 11 31 20 22 42

2. Bahan Kajian Ilmu Ekonomi dan Manajemen 

Bahan Kajian Ilmu Ekonomi dan Manajemen terdiri dari:

No  Matakuliah SKS Jam Per minggu
Teori Praktik / Praktikum Total Teori Praktik / Praktikum Total
1 Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro 2 1 3 2 2 4
2 Pengantar Ilmu Ekonomi Makro 2 1 3 2 2 4
3 Pengantar Manajemen 2 1 3 2 2 4
4 Perilaku Organisasional 2 1 3 2 2 4
5 Manajemen Operasional 2 1 3 2 2 4
6 Penganggaran Perusahaan 2 1 3 2 2 4
7 Keuangan Perusahaan 2 1 3 2 2 4
8 Manajemen Biaya 2 1 3 2 2 4
9 Manajemen Sumber Daya Manusia 2 1 3 2 2 4
10 Manajemen Strategik 2 1 3 2 2 4
  Total 20 10 30 20 20 40

3. Bahan Kajian Manajemen Pemasaran

Bahan kajian Manajemen Pemasaran terdiri dari:

No  Matakuliah SKS Jam Per minggu
Teori Praktik / Praktikum Total Teori Praktik / Praktikum Total
1 Prinsip-Prinsip Pemasaran 2 1 3 2 2 4
2 Riset Pasar 1 1 2 1 2 3
3 Manajemen Pemasaran 2 1 3 2 2 4
4 Proyek Perencanaan Pemasaran 1 1 2 1 2 3
5 Strategi Pemasaran Produk Barang & Jasa 2 1 3 2 2 4
6 Komunikasi Visual untuk Pemasaran 2 1 3 2 2 4
7 E - Marketing 2 1 3 2 2 4
8 Perilaku Konsumen 2 1 3 2 2 4
9 E - Commerce 2 1 3 2 2 4
10 Customer Relationship Management 2 1 3 2 2 4
11 Integrated Marketing Communication 2 1 3 2 2 4
12 Manajemen Merek 2 1 3 2 2 4
13 Manajemen Ritel & Rantai Pemasaran 2 1 3 2 2 4
14 Sistem Informasi Pemasaran 2 1 3 2 2 4
15 Strategi Pemasaran Global 2 1 3 2 2 4
16 Periklanan 2 1 3 2 2 4
17 Skripsi 0 6 6 0 12 12
  Total 30 22 52 30 44 74

4. Bahan Kajian Entrepreneurship

Bahan kajian Entrepreneurship terdiri dari:

No  Matakuliah SKS Jam Per minggu
Teori Praktik / Praktikum Total Teori Praktik / Praktikum Total
1 Entrepreneurship 1  1 2 3 1 4 5
2 Entrepreneurship 2  1 2 3 1 4 5
3 Entrepreneurship 3 1 2 3 1 4 5
4 Entrepreneurship 4 1 2 3 1 4 5
5 Entrepreneurship 5 1 2 3 1 4 5
6 Entrepreneurship 6 1 2 3 1 4 5
7 Entrepreneurship 7 1 2 3 1 4 5
8 Komunikasi Bisnis & Korporasi 1 1 2 1 2 3
9 Inovasi & Berpikir Kreatif 2 1 3 2 2 4
10 Proyek Perencanaa Bisnis 1 2 3 1 4 5
11 Basic Selling & Communication Skills 1 1 2 1 2 3
  Total 12 19 31 12 38 50

 

STRUKTUR KURIKULUM

Jumlah SKS yang ditetapkan untuk Program Studi D4 Manajemen Pemasaran Politeknik Wilmar Business Indonesia sebesar 144 SKS. Struktur kurikulum berdasarkan kompetensi lulusan program studi sesuai dengan Kemendiknas No 045/U/2002 dan 232/U/2000 disajikan pada Tabel berikut:

No  Matakuliah SKS Jam Per minggu
Teori Praktik / Praktikum Total Teori Praktik / Praktikum Total
1 Pendidikan Agama 3 0 3 3 0 3
2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3 0 3 3 0 3
3 Bahasa Indonesia 1 1 2 1 2 3
4 Bahasa Inggris 2 1 3 2 2 4
5 Matematika Ekonomi dan Bisnis 2 1 3 2 2 4
6 Statistika Bisnis 2 1 3 2 2 4
7 Metode Penelitian 2 1 3 2 2 4
8 Hukum Bisnis 1 1 2 1 2 3
9 Perpajakan 2 1 3 2 2 4
10 Dasar-Dasar Akuntansi 2 2 4 2 4 6
11 Aplikasi Komputer MS-Office 0 2 2 0 4 4
12 Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro 2 1 3 2 2 4
13 Pengantar Ilmu Ekonomi Makro 2 1 3 2 2 4
14 Pengantar Manajemen 2 1 3 2 2 4
15 Perilaku Organisasional 2 1 3 2 2 4
16 Manajemen Operasional 2 1 3 2 2 4
17 Penganggaran Perusahaan 2 1 3 2 2 4
18 Keuangan Perusahaan 2 1 3 2 2 4
19 Manajemen Biaya 2 1 3 2 2 4
20 Manajemen Sumber Daya Manusia 2 1 3 2 2 4
21 Manajemen Strategik 2 1 3 2 2 4
22 Prinsip-Prinsip Pemasaran 2 1 3 2 2 4
23 Riset Pasar 1 1 2 1 2 3
24 Manajemen Pemasaran 2 1 3 2 2 4
25 Proyek Perencanaan Pemasaran 1 1 2 1 2 3
26 Strategi Pemasaran Produk Barang & Jasa 2 1 3 2 2 4
27 Komunikasi Visual untuk Pemasaran 2 1 3 2 2 4
28 E - Marketing 2 1 3 2 2 4
29 Perilaku Konsumen 2 1 3 2 2 4
30 E - Commerce 2 1 3 2 2 4
31 Customer Relationship Management 2 1 3 2 2 4
32 Integrated Marketing Communication 2 1 3 2 2 4
33 Manajemen Merek 2 1 3 2 2 4
34 Manajemen Ritel & Rantai Pemasaran 2 1 3 2 2 4
35 Sistem Informasi Pemasaran 2 1 3 2 2 4
36 Strategi Pemasaran Global 2 1 3 2 2 4
37 Periklanan 2 1 3 2 2 4
38 Skripsi 0 6 6 0 12 12
39 Entrepreneurship 1  1 2 3 1 4 5
40 Entrepreneurship 2  1 2 3 1 4 5
41 Entrepreneurship 3 1 2 3 1 4 5
42 Entrepreneurship 4 1 2 3 1 4 5
43 Entrepreneurship 5 1 2 3 1 4 5
44 Entrepreneurship 6 1 2 3 1 4 5
45 Entrepreneurship 7 1 2 3 1 4 5
46 Komunikasi Bisnis & Korporasi 1 1 2 1 2 3
47 Inovasi & Berpikir Kreatif 2 1 3 2 2 4
48 Proyek Perencanaa Bisnis 1 2 3 1 4 5
49 Basic Selling & Communication Skills 1 1 2 1 2 3
  Total 82 62 144 82 124 206
  Jumlah Dalam Persentase 57 43 100 40 60 100