Politeknik WBI Kampus di Medan – Menjalin Kerjasama dengan Singapore University of Social Sciences SUSS

Politeknik WBI Kampus di Medan – Menjalin Kerjasama dengan Singapore University of Social Sciences SUSS

Politeknik WBI Kampus di Medan – Menjalin Kerjasama dengan Singapore University of Social Sciences (SUSS)

Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) kembali menjalin kerja sama dengan salah satu universitas inter­nasional. Kali ini kerja sama dijajaki dengan sebuah universitas termuda yang didirikan oleh pemerintah Singapura, Singapore University of Social Sciences (SUSS).

Kedatangan rombongan SUSS, Rabu (27/6) diterima oleh Pimpinan Yayasan Mur­ni Sadar (YMS) sebagai badan penye­lenggara Politeknik WBI di antaranya Ke­tua Pengu­rus Yayasan dr Mutiara didam­pingi Ketua Dewan Pembina Yayasan Cun Cun, Rosa (istri dari founding father Poltek WBI Martua Sitorus), Ketua Badan Ek­sekutif YMS Erik Tjia serta jajaran Penge­lola poli­teknik WBI.

Delegasi SUSS yang dipimpin oleh Prof. Tsui Kai Chong (Provost) hadir bersama dengan Dr Yap Meen Sheng (Director UC), Dr Lim Chee Han (Head of Overseas Experiential Learning), Ms Ellen Goel (Specialist and Head of Alibaba-SUSS Entrepreneur), dan Ms. Elaine Wu (Deputy Head Office of Career Development).

Direktur Politeknik WBI, Aldon MHP Sinaga usai perte­muan tersebut kepada Ana­lisa menjelaskan, tujuan kedatangan rom­bongan SUSS ke Poltek WBI adalah untuk bertemu langsung sekaligus memper­siapkan inisiatif kerja sama di antara kedua institusi pendidikan tinggi yang memiliki kesa­maan visi yakni menciptakan wirausaha masa depan kedua bangsa ini.

Politeknik WBI sedari awal didirikan, memiliki misi tidak hanya memberikan pendidikan tinggi vokasional/profe­sional yang berkualitas tetapi juga menyelengga­rakan pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship education) bagi seluruh mahasiswa sebagai keunggulan utamanya. Hal ini tentu­nya menarik bagi beberapa institusi pen­didikan maupun bisnis yang memiliki visi yang sama.

Beberapa inisiatif kerja sama penting yang dibahas dalam kesempatan pertemuan tersebut adalah kolaborasi di bidang Kewi­rausahaan. SUSS merupakan bagian dari jaringan Alibaba Cloud yang di kelola Tai­pan bisnis online Tiongkok Jack Ma. Ke­mitraan Politeknik WBI dengan SUSS di­harapkan akan dapat mendorong keikut­sertaan Politeknik WBI dalam program pengembangan bisnis yang dilakukan Ali­baba Cloud. Seperti diketahui, Alibaba Cloud adalah program kompetisi rintisan bisnis bagi pemuda yang setiap tahun mem­pertemukan berbagai ide dan kreasi pemuda dari berbagai Negara di Asia dengan investor global.

Selain itu kerja sama untuk program pem­­belajaran berbasis pengalaman (experiential learning) luar negeri bagi maha­siswa Politeknik WBI dan SUSS. Program ini akan memung­kinkan pertukaran dan kerja sama mahasiswa kedua perguruan tinggi dalam kerangka kegiatan pembela­jaran, kunjungan industri dan startup di Singapura, Indonesia dan bahkan di wi­layah ASEAN.

Hal yang tidak kalah pentingnya yakni merancang dan mengorganisir program peng­abdian masyarakat internasional yang melibatkan mahasiswa dari kedua perguruan tinggi. Berkenaan dengan agenda tersebut, pihak Politeknik WBI menyatakan bahwa program-program tersebut akan segera di­lak­sanakan pada tahun 2018 ini.

Sebagai langkah awal telah disepakati untuk melak­sanakan kegiatan pengabdian masyarakat bersama mahasiswa kedua per­guruan tinggi dalam waktu dekat. Selan­jutnya akan dilan­jutkan dengan melibatkan mahasiswa Politeknik WBI dalam kegiatan Entrepreneurship Bootcamp SUSS di Ja­karta dan Program presentasi bis­nis Ali­baba Cloud di Tiongkok pada akhir 2018. (ht)

Sumber : http://harian.analisadaily.com/ekonomi/news/politeknik-wbi-suss-jalin-kerja-sama/576966/2018/06/28

Keywords: kampus  medan, kampus di medan, Kampus di Kota Medan, Kampus Tidak Bermasalah, beasiswa, politeknik wbi, WBI, ayo ke wbi.